Materi pengertian Microsoft office Outlook

Postingan kita kali ini materi atau session yang akan saya tuliskan dalam weblog ini digunakan untuk media pembelajaran dan informasi yaitu kita akan membahas pengertian microsoft office outlook khususnya outlook 2007 yang sebelumnya tidak sempat untuk menuliskan materi pengertiannya di weblog ini digunkan untuk media pembelajaran dan informasi ini hanya materi latihan microsoft office outlook saja. Baiklah pembahasan materinya kita pelajari bersama-sama dibawah ini:
Microsoft Office Outlook 2007 adalah sebuah program untuk manajemen informasi personal yang membantu mengatur waktu dan informasi secara lebih efektif serta memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi antar  sesama dengan lebih mudah.
gambar microsoft Outlook 2007
Electronic mail atau e-mail, adalah bentuk komunikasi yang sangat penting pada saat sekarangini. Pada Outlook dapat ditemukan semua tools yang dibutuhkan untuk mengatur dan menggunakan e-mail secara efektif. Dengan Outlook dapat dilakukan hal-hal berikut ini :
  • Mengirim dan menerima pesan e-mail.
  • Menyertakan (attach) file kedalam pesan e-mail.
  • Membuat dan mengatur buku alamat (address book)
  • Mengatur dan mengarsipkan pesan e-mail.
  • Personalisasi pesan e-mail.
  • Melakukan penjadwalan
Jika kita bekerja dengan Outlook 2007 komputer kita harus tersambung pada internet atau komputer kita harus tersambung pada local area network (LAN) dengan sebuah komputer server yang menjalankan Microsoft Exchange Server. Kita juga dapat terhubung ke ISP menggunakan sebuah modem dan line telepon, high-speed connection seperti DSL atau kabel, atau melalui LAN, sebagai berikut:
  • Jika kita menggunakan modem, kita dapat secara manual melakukan koneksi ketika kita membutuhkannya, atau kita dapat melakukan set up dial-up networking untuk secara otomatis melakukan koneksi kapanpun kita membuka Outlook. ISP kita akan memberikan nomor telepon, setting modem, dan informasi khusus lainnya yang kita butuhkan untuk melakukan koneksi.
  • Jika kita terhubung ke LAN, maka harus dilakukan konfigurasi untuk memberikan akses ke ISP kita dari komputer kita, Network/system administrator kita dapat memberikan informasi mengenai bagaimana untuk memperoleh akses ke internet mail melalui LAN.
Tanpa mempedulikan bagaimana kita terhubung ke ISP, untuk mengirim dan menerima Internet mail, kita perlu mengetahui nama dari incoming (masuk) dan outgoing (keluar) mail server, nama account, dan password kita. Outlook mendukung tipe e-mail server berikut :
  • Microsoft Exchange Server
  • Internet mail
          Outlook mendukung tiga tipe Internet mail account, antara lain:
  1. Post Office Protocol 3 (POP3) yaitu sebuah protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail dari internet e-mail server. Dengan POP3 account kita melakukan koneksi ke e-mail server dan mendownload e-mail ke komputer kita.
  2. Internet Message Access Protocol (IMAP) yaitu hampir sama dengan POP3, hanya saja e-mail disimpan pada e-mail server. Kita melakukan koneksi ke e-mail server untuk membaca e-mail header, dan memilih e-mail mana yang ingin didownload ke komputer kita.
  3. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yaitu Protocol yang digunakan ketika mengakses web page dari internet, Ketika HTTP digunakan sebagai e-mail protokol, e-mail disimpan, diambil dan ditampilkan sebagai Web page individual. Hotmail adalah contoh HTTP e-mail account.
  • Additional Server Types 
File bisa di download klik disini

Configure Popular