cara Agar flash disk awet terus

cara Agar flash disk awet terus

Flashdisk sekarang merupakan media elektronik yang simple dan atau praktis untuk saat ini dalam menyimpan berbagai file karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawah dengan kapasitas yang besar, terkadang kita terlalu meremehkan dalam menggunakan flash disk. Ada beberapa tips yang sangat mudah untuk merawat flash disk Anda. Biasanya masalah terbesar media penyimpanan dan atau storage adalah ketika data yang kamu simpan tidak terbaca atau perangkat penyimpanan Anda tidak terdeteksi. Berikut di bawah ini beberapa tips untuk merawat harddisk maupun flashdisk.
1. Hindarkan perangkat dari air, debu maupun panas. Ini  akan merusak komponen dalam perangkat. Sama seperti perangkat elektronik yang lain perangkat penyimpanan seperti harddisk, flashdisk rentan rusak apabila terkena air.
2. Jauhkan dari barang yang mengandung magnet. Hal ini memungkinkan flash disk dan atau harddisk, karena gelombang magnet akan mengganggu kinerja perangkat elektronik.
3. Jangan lupa untuk meng “Eject” sebelum mencabutnya dari soket. Caranya klik kanan, akan muncul beberapa pilihan dan pilih “Eject”. Bila Anda menggunakan Linux usahakan melakukan klik ”Un-mount” terlebih dahulu.
4. Hindarkan flash disk dari benturan keras atau terjatuh, ini berlaku untuk semua benda elektronik.
5. Jangan terlalu sering melakukan format, fasilitas format yang sering dilakukan dapat menyebabkan kerusakan pada flash disk Anda dengan lebih cepat.
6. Hindari membaca file langsung dari flash disk, misalnya mengedit data, menonton film sebaiknya tidak dilakukan langsung membaca file di dalam flash disk, sebaiknya anda mengkopinya terlebih dahulu. Bila membaca langsung dari flash disk menyebabkan mengalami cepat panas dan sangat mudah sekali mengalami kerusakan.
7. Selalu kelompokkan isi file dengan teratur pada folder untuk mengurangi beban baca flash disk.
8. Beri gantungan agar mudah dicari dan mudah ditemukan dan jangan menghilangkan tutup flash disk. Karena bermanfaat menjaga komponen agar tidak terkena kotoran  dan debu yang bisa merusak.

* Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat (sumber dari : http://www.sindonews.com dan Dari berbagai sumber)


EmoticonEmoticon

Configure Popular