Saturday, 1 March 2014

SEJARAH PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI [X-Ganjil]

Informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan suatu kebutuhan mahkluk hidup yang ada dunia ini baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa  maupun terhadap sesama mahkluk hidup, baik itu berupa gerak, suara ataupun bahasa insyarat agar informasi itu bisa tersampaikan dengan benar.
Informasi dan komunikasi begitu pentingnya bagi mahkluk hidup terutama manusia yang diberi akal sehat yang sempurna oleh Tuhan Yang Maha Esa, untuk mengunakan akal pikirannya untuk berkembang. Begitu pentingnya sebuah informasi dan komunikasi bagi manusia untuk kelangsungan hidupnya antara satu dengan lainnya agar dalam menyampaikan segala sesuatu lebih cepat tersampaikan.
Dari zaman ke zaman manusia terus menerus mencari dan mencari bagaimana? Caranya agar sebuah informasi dan komunikasi itu bisa tersampaikan lebih cepat dan cepat tanpa tertunda-tunda di tengah jalan. Yang sehingga terus-menerus dilakukan penelitian untuk mendapatkan suatu cara atau menciptakan sebuah peralatan komunikasi yang digunakan untuk membantu dalam penyampaian sebuah informasi.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak bisa disangkal lagi dalam kebutuhan setiap hari, maka dari perkembangannya tiap hari terus menerus mengalami perkembangan dan perubahan, agar dalam penggunaannya lebih praktis, efisien, murah dan cepat.
1.1   Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.   Media Komunikasi Zaman Kuno (masa lalu antara zaman periode 3000 SM s.d. Periode 105 M )
a.    Prasasti
Prasasti merupakan hasil perkembangan pada waktu zaman kuno (batu) dengan menggunakan berupa lempengan-lempengan batu, patung-patung atau pada dinding-dinding batu sebagai media penulisan yang dilakukan dengan cara memahatnya.

b.   Daun lontar
Daun lontar merupakan alat informasi dan komunikasi hasil perkembangan dari prasasti karena penulisannya lebih mudah daripada di batu. Dan daun lontar digunakan dimulai pada zaman masa kerajaan-kerajaan.

c.    Asap
Asap merupakan alat informasi dan komunikasi dilakukan dengan membakar kayu bakar yang pemahamannya ditandai dengan panjang atau pendeknya asap yang keluar. Dan asap digunakan dimulai pada zaman masa  kerajaan-kerajaan.

d.   Kentongan
Kentongan merupakan alat informasi dan komunikasi zaman kuno yang pemakaiannya dan kebutuhannya sampai sekarang masi dipakai khususnya di Indonesia. Karena lebih praktis contohnya: dipakai untuk ronda atau dipakai untuk mengetahui tanda bahaya serta kerennya sekarang dipakai untuk membangunkan orang-orang yang mau sahur khususnya agama Islam.

  1. Media Komunikasi Zaman Modern (Sekarang)
a.    Media Komunikasi teks atau gambar
Telegraf, Faksimile, Koran, majalah, novel dan buku merupakan termasuk media komunikasi teks atau gambar yang sampai sekarang masih dipakai karena pemakaiannya lebih hemat yang isinya tergantung kebutuhan. Dan koran pertama kali dikenal pada tahun 59 SM di Romawi kuno.
b.   Media Komunikasi Suara
Radio, dan telepon rumah (reguler) merupakan media komunikasi suara yang pengirimannya menggunakan sinyal listrik dan melalui udara (gelombang elektromagnetik) untuk radio yang terdiri dari tiga komponen sistem pemancarannya yaitu sumber suara, pemancar dan antena kedua media komunikasi tersebut hanya berupa suara.
c.    Media Komunikasi teks atau gambar dan Suara
Televisi dan telepon genggam (celuler) merupakan media komunikasi teks atau gambar dan suara yang pengiriman dan penerimaannya menggunakan sinyal elektronik melalui kabel dan serat optik untuk televisi dan telepon genggam (celuler) menggunakan sinyal satelit kedua media ini jankaunnya lebih bagus dibandingkan kedua media diatas tersebut, karena media ini mengabungkan antara teks, gambar dan suara.
d.   Media Komunikasi Multi media
Untuk zaman sekarang Komputer merupakan media komunikasi yang tercanggih yang pernah ada pada zaman modern sekarang ini, pemakaiannya multi fungsi atau multi media. Walaupun sekarang ada telepon genggam (celuler) yang fungsinya hampir sama dengan komputer tetapi tidak semudah, sehebat, sepraktis dan secepat komputer dalam penggunaanya serta pemogramanya telepon genggam (celuler) masih membutuhkan komputer. Komputer bisa digunakan dan diprogram sesuai dengan keinginan pemakai baik internet, penelitian dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang komputer lihat pada bab yang membahas sejarah komputer.
 
1.2   Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi zaman modern.

  1. Telegraf
Samuel F. B. Morse, seorang berkebangsaan Amerika adalah orang pertama yang menemukan telegram sebagai alat pengirim telegram. Telegram mulai dipopulerkan pada tahun 1920-an. Pada saat itu tarif pengiriman telegram lebih murah daripada tarif telepon. Tarif mengirim telegram dihitung berdasarkan jumlah karakternya, termasuk tanda baca. Jangkauan pengiriman berita melalui telegram meliputi lokal maupun internasional. Waktu yang dibutuhkan untuk mengirim telegram adalah kurang dari satu hari. Keunikan dari telegram adalah tanda baca dituliskan. Telegram yang popular di Indonesia berada dibawah naungan perusahaan Telkom. Pada tahun 1873 seorang operator telegram asal Valentia, Irlandia yang bernama Joseph May menemukan bahwa cahaya mempengaruhi resistansi elektris selenium. Ia menyadari itu bisa digunakan untuk mengubah cahaya kedalam arus listrik dengan menggunakan fotosel silenium (selenium photocell). Joseph May bersama Willoughby Smith (teknisi dari Telegraph Construction Maintenance Company) melakukan beberapa percobaan yang selanjutnya dilaporkan pada Journal of The Society of Telegraph Engineers

  1. Telepon
Saat ini komunikasi antar manusia makin mudah karena udah ada fasilitas telepon yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Lalu siapa tokoh yang paling berjasa dibalik penemuan telepon? Dia adalah Alexander Graham Bell yang pertama kali menemukan alat komunikasi ini.
Bell lahir pada tanggal 3 Maret 1847 di Edinburg, Scotland. Bell berasal dari keluarga yang sangat mementingkan pendidikan. Ayahnya adalah seorang psikolog dan elocution bernama Alexander Melville Bell, sedangkan kakeknya Alexander Bell merupakan seorang elucution professor. Setelah menyelesaikan kuliahnya di University of Edinburg dan University College di London, Bell memutuskan buat menjadi asisten ayahnya.
Dia membantu orang-orang yang cacat pendengaran untuk belajar berbicara dengan metode yang telah diterapkan oleh ayahnya, yaitu dengan memperhatikan posisi bibir dan lidah lawan bicara. Pada saat dia bermukim di London, Bell sempat belajar tentang percobaan yang dilakukan oleh Herman Ludwig von Helmholtz berupa tuning fork dan magnet yang bisa menghasilkan bunyi yang terdengar nyaring. Kemudian baru pada tahun 1865 Bell mempelajari lebih mendalam tentang suara yang keluar dari mulut saat berbicara.
Bell semakin tertarik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan bunyi-bunyian, makanya dia nggak keberatan ketika harus mengajar di Sarah Fuller, Boston yang merupakan sekolah khusus orang-orang tuli pada tahun 1870, selain itu Bell juga bekerja sebagai guru privat. Dan ketika dirinya diangkat menjadi guru besar psikologi di Boston University pada tahun 1873, Bell mengadakan suatu pertemuan khusus buat para guru yang menangani masalah murid-murid yang mengalami cacat pendengaran.
Hampir seluruh hidupnya Bell menghabiskan waktunya untuk mengurusi masalah pendidikan orang-orang yang cacat pendengaran bahkan kemudian dirinya mendirikan American Association to Promote the Theahing of Speech to the Deaf.
Bell mulai melakukan penelitian dengan menggunakan phonatograph, multiple telegraph dan electric speaking telegraph dari tahun 1873 sampai 1976 yang dibiayai oleh dua orang ayah dari muridnya. Salah satu penyandang dananya adalah Gardiner Hubbard yang mempunyai seorang putri yang telinganya tuli bernama Mabel, wanita inilah yang dikemudian hari menjadi istri Bell. Di kemudian hari Bell mengungkapkan keinginannya untuk menciptakan suatu alat komunikasi dengan transmisi gelombang listrik. Bell pun mengajak temannya Thomas Watson buat membantu menyediakan perlengkapannya. Penelitiannya dilakukan dengan menggunakan alat pengatur suara dan magnet untuk menghantarkan bunyi yang akan dikirimkan, peristiwa ini terjadi pada tanggal 2 Juni 1875.
Akhirnya terciptalah karya Bell sebuah pesawat penerima telepon dan pemancar yang bentuknya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasang di depan electromagnet. Baru pada tanggal 14 Februari 1876 Bell mematenkan hasil penemuannya, tapi oleh US Patent Office penemuan Bell ini baru resmi dipatenkan pada tanggal 7 Maret untuk “electric speaking telephone”.
Bell terus memperbarui penemuannya dan untuk pertama kalinya dia berhasil mengirimkan suatu kalimat berbunyi “Watson, come here, I want you” pada tanggal 10 Maret 1876.

  1. Radio
Melalui radio masing-masing banyak warga Jakarta memantau perkembangan situasi kota yang sedang dilanda kerusuhan. Pentingnya peran radio,  mengingatkan kita pada kondisi di tahun 1920-an, ketika tiap malam jutaan keluarga di seluruh bagian dunia yang punya radio, berkutat di sekitar pesawat itu untuk mendengarkan berbagai hiburan dan program. Tak melulu sebagai penyedia hiburan, sesungguhnya radio punya peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menyelamatkan korban dalam kecelakaan di laut, seperti tindakan operasi penyelamatan penumpang Titanic yang tenggelam pada 1912.
Selama ini Guglielmo Marconi dianggap sebagai penemu radio. Padahal sebenarnya banyak orang berperan dalam pengembangannya. Awal 1800-an secara  terpisah Joseph Henry, profesor dari Pinceton University, dan fisikawan Inggris Michael Faraday mengembangkan teori induksi. Percobaan mereka terhadap elektromagnet membuktikan arus listrik di sebatang kawat dapat menimbulkan arus di batang kawat lain, meski keduanya tidak berhubungan. Tahun 1864 fisikawan Inggris lain James Clerik Maxwell, berteori bahwa arus listrik dapat menciptakan medan magnet dan bahwa gelombang elektromagnet bergerak dengan kecepatan cahaya. Teori Maxwell itu belakangan dibuktikan kebenarannya oleh percobaan yang dilakukan fisikawan Jerman Heinrich Hertz, tahun 1880.
Baru kemudian Guglielmo Marconi pada 1895, berhasil mengirim sinyal komunikasi radio dengan gelombang elektromagnet sejauh ± 1,5 km. Tahun 1901, sinyal dari perangkat radio Marconi mampu melintasi Samudera Atlantik dari Inggris ke Newfoundland, Kanada. Namun fisikawan kelahiran Kanada Reginald A. Fessenden-lah yang pertama kali mentransmisikan suara manusia via radio ketika pada 1906, ia berbica melalui radio dari Brant Rock, Massachusetts, AS, kepada kapal-kapal di lepas pantai Samudera Atlantik. Sejak itu radio terus berkembang makin sempurna, didukung oleh pelbagai temuan secara bertahap.
Di awal abad XX, para ilmuwan mengembangkan tabung hampa udara yang bisa melacak dan memperkuat sinyal radio.Penemu AS Lee De Forest mematenkan trioda atau audion-nya tahun 1907, yang kemudian menjadi elemen penting dalam penerimaan sinyal radio. Kemampuan penerimaan ini ditingkatkan lagi dengan temuan Edwin H. Armstrong, yang menciptakan sirkuit superheterodyne tahun 1918. Sirkuit yang masih dipakai hingga sekarang ini punya kemampuan seleksi yang tinggi Armstrong pula yang mengembangkan sistem siaran FM pada 1933.
Radio bekerja dengan mengubah suara atau sinyal lain menjadi gelombang elektromagnet atau gelombang radio. Gelombang ini bergerak melalui udara dan angkasa, menembus benda padat. Gelombang radio bergerak dengan ukuran kecepatan cahaya, 299,792 km/detik. Saat sinyal diterima receiver, ia segera diubah ke bentuk semula yaitu suara.
Bagian penting dalam radio adalah antena, tuner , amplifier , dan pengeras suara. Antena untuk menangkap gelombang radio, tuner berfungsi mencari gelombang dengan angka-angka frekuensi tertentu. Sedangkan amplifier memperkuat sinyal program yang dipilih tuner. Di radio, amplifier berupa transistor dan IC ( Integrated circuit ). Sedangkan radio dari tahun sebelum itu menggunakan tabung hampa udara. Muara terakhir adalah speaker yang akan mengubah sinyal listrik menjadi suara asli.
Meski uji coba siaran radio pertama kali dilakukan tahun 1910, siaran raido yang sebenarnya di banyak negara baru dimulai pada 1920. Saat TV merajai dunia, banyak orang berpikir, umur radio tinggal menghitung hari. Ternyata kecanggihan teknologi memungkinkan diproduksinya radio jinjing – bahkan yang Cuma sebesar korek api – yang praktis dibawa-bawa. Daya tarik lain, tak cuma program kuis interaktif yang melibatkan langsung pendengarnya, juga kualitas modulasi yang makin baik dengan adanya siaran FM membuat siaran musik kian disukai.

  1. Televisi
Setelah beberapa kurun waktu lamanya kemudian ditemukan sebuah piringan metal kecil yang bisa berputar dengan lubang-lubang didalamnya oleh seorang mahasiswa yang bernama Julius Paul Gottlieb Nipkow (1860-1940) atau lebih dikenal Paul Nipkow di Berlin, Jerman pada tahun 1884 dan disebut sebagai cikal bakal lahirnya televisi. Sekitar tahun 1920 John Logie Baird (1888-1946) dan Charles Francis Jenkins (1867- 1934) menggunakan piringan karya Paul Nipkow untuk menciptakan suatu sistem dalam penangkapan gambar, transmisi, serta penerimaannya. Mereka membuat seluruh sistem televisi ini berdasarkan sistem gerakan mekanik, baik dalam penyiaran maupun penerimaannya. Pada waktu itu belum ditemukan komponen listrik tabung hampa (Cathode Ray Tube).
1975 – Larry Weber seorang ilmuwan dari Universitas Illionis mulai merancang layar plasma berwarna. namun sejarah orang ini tidak berakhir disini saja..
1979, Perusahaan kodak menciptakan OLED (organic light emitting diode), Pada tahun yang sama Walter Spear dan Peter Le Comber membuat  LCD dari bahan thin film transfer yang ringan.
1981, NHK sebuah stasiun televisi di negara Jepang mendemonstrasikan sebuah sejarah baru yaitu  teknologi HDTV.
1995 – Masih ingat dengan Larry Weber, Pada tahun ini dia berhasil mengelesaikan proyek layar plasmanya. Ia menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang.
2000 tahun ke atas, Pengembanga produk LCD, Plasma bahkan CRT. Dan menyusul perkembangan sejarah dari televisi digital
  1. Komputer
Dalam perkembangan sejarah alat teknologi informasi dan komunikasi. Komputerlah yang terus menerus mengalami perubahan, karena dimulai dari penelitian alat hitung sampai komputer generasi komputer yang ke-lima, komputer terus dikembangkan. Di karenakan komputer merupakan alat informasi dan komunikasi yang fungsinya multi fungsi yang paling canggih yang pernah ada di zamannya dan penggunaannya bisa disegala bidang kegiatan tergantung usernya yang menginginkannya.
Untuk lebih detailnya mengenai sejarah komputer ada pada bab 2 tentang sejarah perkembangan komputer.

  1. Satelit
Satelit adalah benda-benda yang mengorbit mengelilingi benda lain. Itu berarti bukan hanya bulan dan satelit buatan, tapi juga komet, asteroid, bintang, planet, dan bahkan galaksi. Semua planet, bulan, dan bintang (termasuk matahari) merupakan satelit dari Galaksi Bimasakti, satelit terdapat dua jenis yaitu:
1.   Satelit alam
Satelit alam adalah bulan yang berevolusi mengelilingi planet.
2.   Satelit buatan
sedang satelit buatan (artificial satellites) adalah satelit yang dibuat oleh tangan manusia.
Era satelit buatan sudah dimulai sejak tahun 1950an. Sama seperti semua hal yang berkembang di dunia, satelit buatan memiliki sejarah perkembangannya sendiri. Pada perkembangannya pun, satelit kemudian digunakan untuk bermacam-macam tujuan, sehingga lahirlah berbagai jenis satelit. Dan terdapat beberapa tipe utama satelit, yaitu :
anti-satellite weapons, satelit astronomi, biosatelit, satelit komunikasi, satelit mini, satelit navigasi, reconnaissance satellite, satelit observasi bumi, satelit tenaga matahari, stasiun luar angkasa, dan satelit cuaca.
Satelit buatan pertama adalah Sputnik 1 yang diluncurkan pada 4 Oktober 1957 oleh Uni Soviet. Namun, Project RAND ternyata sudah merilis The Preliminary Design of an Experimental Circling Spaceship, yang ditandai dengan kalimat, “A satellite vehicle with appropriate instrumentation can be expected to be one of the most potent scientific tools of the Twentieth Century…” Amerika dikabarkan meluncurkan roket orbital pada 1945 dibawah naungan Biro Aeronautika, Angkatan Laut Amerika Serikat. Project RAND menulis semuanya secara terinci dalam laporannya, namun tidak percaya bahwa satelit digunakan untuk keperluan militer, melainkan sebagai sarana sains, politik dan propaganda, sehingga pada tahun 1954, Sekretariat Pertahanan Amerika Serikat menyatakan bahwa tidak ada program satelit yang dijalankan di Amerika pada saat itu. Dibawah tekanan beberapa organisasi sains, pada awal 1955 Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika Serikat akhirnya mengerjakan Project Orbiter, dengan menggunakan Jupiter C Rocket untuk meluncurkan satelit kecil yang diberi nama Explorer 1 pada 31 Januari 1958.
Pada 12 April 1961, Kosmonot Soviet Yuri Gagarin menjadi manusia pertama di ruang angkasa. Amerika Serikat kemudian merencanakan Project Mercury dan tujuh astronotnya.
pada tahun 2003, ditemukan planet kesepuluh (dengan kode UB313), yang kemudian dinamakan Planet Xena. Planet ini memiliki diameter lebih besar dari Planet Pluto, yang selama ini menjadi planet bungsu dari sistem Tata Surya kita. Tapi, planet Xena tak lama kemudian dinyatakan sebagai bukan planet. Menyusul kemudian, pada akhir 2006, Konferensi Persatuan Astronom Internasional yang diselenggarakan di Praha memutuskan bahwa Pluto bukanlah planet. Sebab, jika UB313 yang lebih besar dari Pluto saja dinyatakan bukan planet, maka tidak sepatutnya Pluto berstatus planet. Sejak saat itu, Pluto ditetapkan sebagai planet kerdil.


Tahun 1980-an Uji terbang muatan roket misi komunikasi radio amatir pada 1982. Uji ini dilakukan Lapan bekerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari). Empat roket diterbangkan setinggi 30 kilometer membawa pemancar radio yang bekerja pada frekuensi amatir 146.500 MHz dengan daya 2 watt. Dua roket berhasil mengirim sinyal radio berisi data meteorologi dan data olah gerak roket berupa multitone itu ke stasiun Orari yang tersebar di Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Kalimantan.
Tahun 1990-an Uji terbang konsentrator antariksa (digipeater) pada 1996. Konsentrator antariksa (konsensa) pada dasarnya merupakan komputer yang berfungsi sebagai flying mail box dan router untuk komunikasi dengan mode store and forward. Satelit ini dibuat sebagai jalan keluar dari jaringan-jaringan komunikasi yang sudah mulai macet di periode ini. Sebagai router, konsensa akan membuat rute surat-surat elektronik dari satu node ke node lainnya sesuai dengan tujuan yang diberikan. Sebagai flying mail box, konsensa akan menyimpan berkas-berkas data yang dikirim pada direktori hard disk (store) dan kemudian mengirimkannya ke tujuan yang sudah ditentukan (forward).
Tahun 2000-an Pengembangan model engineering satelit Lapsat pada 2001. Model satelit ini dirancang untuk dapat memenuhi persyaratan operasi sebagai berikut: (a) setiap model subsistem harus terintegrasi, (b) pengoperasian catu daya, muatan komunikasi data digital dan telemetri harus dapat dikendalikan sepenuhnya dari onboard computer.Pengembangan model engineering satelit Inasat pada 2003. pengembangan Inasat bertujuan untuk menganalisis dinamika terbang, karakteristik satelit dan karakteristik medan magnet. Kali ini sudah mulai digunakan perangkat desain satelit sehingga sudah dapat dilakukan uji simulasi. Dari uji tersebut bisa diketahui karakteristik orbit dan lingkungannya, seperti radiasi matahari dan pengaruh radiasi elektron terhadap peralatan satelit.Perkembangan terkini
Pengembangan model terbang satelit Lapan-Tubsat/Lapan A1 dimulai pada tahun 2004. Pengembangan satelit pengamatan Lapan A2 dimulai pada awal 2007 sebagai fase baru yang lebih mandiri. Pengembangan satelit pengindraan jauh Lapan-B1 yang baru, dimulai dengan pengembangan imager sebagai muatan satelit untuk misi penginderaan jauh. Aplikasinya, menunjang program ketahanan pangan nasional.
sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_satelit_Indonesia
  1. Internet
Internet adalah kumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Dalam hal ini komputer yang dahulunya stand alone dapat berhubungan langsung dengan host-host atau komputer-komputer yang lainnya.
Sejarah Internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Diantaranya ringkasan sejarah perkembangan internet yaitu:
- Pada tahun 1959 Len Kleinrock menulis paper tentang packet switching.
- Pada tahun 1967 Disain awal dari ARPANET diterbitkan.
- Pada tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET
- Pada tahun 1970 ARPANET mulai menggunakan Network Control Protocol.
- Pada tahun 1972 Internetworking Working Group (INWG) dibentuk untuk mempromosikan standar yang sudah disepakati bersama. Spesifikasi dari telnet, RFC 318, diusulkan.
- Pada tahun 1973 Ide ethernet dijabarkan dalam thesis PhD dari Bob Metcalfe. Spesifikasi untuk File Transfer, RFC 454, diusulkan.
- Pada tahun 1974 Disain dari TCP/IP dijabarkan secara rinci oleh Vint Cerf dan Bob Kahn dalam "A Protocol for Packet Network Intercommunication".
- Pada tahun 1976 UNIX-to-UNIX Copy (UUCP) dikembangan oleh Bell Labs.
- Pada tahun 1981 BITNET mulai beroperasi.
- Pada tahun 1982 TCP/IP menjadi protokol untuk ARPANET dan ini dispesifikasikan oleh DoD.
- Pada tahun 1983 BSD UNIX release 4.2 menggunakan TCP/IP.
- Pada tahun 1984 Jumlah Internet hosts melewati batas 1000 host. Domain Name Service (DNS) mulai lahir.
- Pada tahun 1986 NSFNET dilahirkan dengan kecepatan backbone 56Kbps.
- Pada tahun 1987 Jumlah Internet hosts melewati batas 10.000. UUNET didirikan untuk memberikan akses komersial untuk Usenet dan UUCP.
- Pada tahun 1988 Sebuah "Internet Worm" berhasil melumpuhkan Internet, sekitar 6000 host terkena akibatnya, NSFNET meningkatkan kecepatan backbone menjadi 1,544 Mbps (T1).
- Pada tahun 1989 Jumlah Internet hosts melewati batas 100.000. Tim Berners-Lee dari CERN mensirkulasikan porposalnya yang berjudul "Information Management: A Proposal".
- Pada tahun 1990 DoD menghentikan ARPANET.
  Tim Berners-Lee mensirkulasikan proposal World Wide Web (WWW). Dikembangkan sebuat program WWW, sebuah WYSIWYG browser dan editor.
- Pada tahun 1991 Brewster Kahle (Thinking Machines) mengembangan Wide Area Information System (WAIS). Paul Lindner dan Mark McCahill (University of Minnesota) meluncurkan Gopher. Phillip Zimmerman meluncurkan Pretty Good Privacy (PGP). CERN meluncurkan library WWW.
- Pada tahun 1992 Jumlah Internet hosts melampaui 1.000.000. University of Nevada mengeluarkan sistem Veronica. Sebuah WWW browser yang bernama Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW.
- Pada tahun 1993 NSF membuat InterNIC untuk menjalankan Internet servis seperti pendaftaran domain. Versi pertama dari Mosaic (untuk X Window) yang dikembangkan oleh Marc Andreesen dikeluarkan oleh NCSA. White House online. National Information Infrastructure Act lolos dan pemerintah Amerika Serikat mulai lebih serius dalam bidang Web.
- Pada tahun 1994 Pizza hut online, merupakan contoh pertama dari aplikasi komerisal Internet. Spam mail menjadi kasus besar setelah sebuah lembaga hukum yang bernama Canter & Siegel menyebarkan mail ke seluruh dunia tentang servis untuk mendapatkan "green card". First Virtual menjalankan "CyberBank" yang pertama.
- Pada tahun 1995 Compuserve, America Online, dan Prodiy mulai memberikan servis akses ke Internet. Perusahaan Marc Andreesen, Netscape Communication Corporation, menjadi publik dan menjadi nomor 3 tertinggi untuk harga Initial Public Offericng (IPO) share di NASDAQ. NFS tidak lagi menggratiskan pendaftaran domain. Domain mulai membayar $50/tahun.
- Pada tahun 17 April 2000 Stok di Nasdaq jatuh, mengakibatkan kerugian jutaan dolar. Apakah ini yang disebut Internet Bubble?

*Semoga Bermanfaat
*Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_satelit_Indonesia

1 comment:

  1. eToro is the ultimate forex trading platform for newbie and full-time traders.

    ReplyDelete

Configure Popular