Sunday, 2 March 2014

Proses produksi kerupuk

Membahas krupuk bagi saya memang mengasikkan karena melihat dari segi ekonomis yang super murah, makanan ringan yang sangat-sangat mampu dijangkau oleh kalangan ekonomi rendah seperti saya ini juga.
Kenapa saya membahas kerupuk, karena saya dan keluargaku dari kalangan ekonomi paling rendah. tapi Alhamdulillah, selama kami berusaha dan berusaha dalam berusaha untuk mengentas kemiskinan, maka kakakku yang bernama wartono pernah bekerja di home industri kerupuk dan dengan bekal itu kakakku membuat kerupuk dari NOL. Kenapa harus kerupuk karena kerupuk kalo dahulu sebelum krisis mungkin untuk dibuat laukpauk itu tidak mungkin hanya dibuat untuk camilan semata. Tapi setelah krisis melanda bangsa Indonesia kerupuk merupakan laukpauk yang harus ada di setiap hidangan makanan khususnya bagi kalangan ekonomi kebawah. Maka dari pengalaman pribadi itu kakakku membuat usaha kerupuk dan mengajak adik-adiknya yang nganggur termasuk saya disaat itu dan itung-itung membantu kalangan ekonomi bawah lainne untuk mencukupi laukpauknya setiap harinya.
Dengan gigihnya kakakku berjuang demi berkembangnya usaha kerupuk itu dan alhamdulillah, akhirnya berkembang dengan baik. itulah sedikit tentang usaha kami sekelurga yang masih perlu banyak belajar untuk dikembangkan untuk kemanfaatan semua khususnya mengurangi pengangguran didesa kami. nama usaha home industri Mapan dan inilah contoh aktivitas dalam usaha pembuatan kerupuk yang kami buat :

Proses pencetakan kerupuk secara gotong royong

Proses pengambilan kerupuk setengah jadi dari oven



Proses pengepakan hasil mentah sebelum masuk oven

Proses penempatan setengah jadi dari oven

Proses pencetakan dengan mesin

Bahan-bahannya











*Semoga bermanfaat dan selamat menikmati galleryku original

No comments:

Post a Comment

Configure Popular