Latihan Microsoft Office Excel

gambar latihan microsoft excel pertama

LANGKAH-LANGKAHNYA membuat teks diatas :

Langkah-langkah Memasukkan data
1.      Ketik Judul teks “DAFTAR MENCICIL BUKU PANDUAN COREL DRAW” di sel A2
-   Lalu blok mulai sel A2 sampai sel HI2
-   Klik icon Merge and Center
2.      Ketik Menu teks :
No” di sel A4
Nama” di sel B4
Harga Buku” di sel C4
Tunai” di sel D4,
Mencicil” di sel E4
“Minggu I” di sel E5
Minggu II” di sel F5
Minggu III” di sel G5
Minggu IV” di sel H5.
3.      Untuk No 1 s/d 14 gunakan mengurut secara otomatis dengan pola 2 angka. Jika lupa coba perhatikan caranya di bawah ini :
-   Ketik angka 1 di sel A6 dan angka 2 di sel A7
-   Lalu blok  sel A6 dan A7 (cara ngeblok Klik (gunakan klik kiri seperti biasa) sel A6 sambil di tahan geser sampai sel A7 lalu lepas)
-   Lalu klik kiri seperti biasa (pojok kanan bawah sel A7 dengan kursor berubah Plus hitam) lalu sambil di tahan seret/geser sampai sel A19 lalu lepas.
4.      Untuk Nama ketik sampai selesai
5.      Untuk Harga Buku Ketik nominal 10000 di sel C6 copy sampai sel C19. Jika lupa coba perhatikan caranya di bawah ini :
-   Klik Pojok kanan bawah sel C6
-   Lalu sambil di tahan seret/geser sampai sel C19 lalu lepas
-   Atau gunakan perintah copy biasanya
6.  Lalu ketik nominal Tunai sampai Minggu IV seperti contoh diatas. Kalau bisa gunakan perintah copy menarik cells atau perintah copy biasanya.
7.      Simpan difolder sendiri dengan nama Latihan 1 lihat cara menyimpan di bawa ini :
Cara menyimpan dan membuka dokumen
4.2.1 Cara menyimpan dokumen Ms.Excel sama dengan cara menyimpan di Ms. Word
a.   Klick menu file
a.       pilih save atau klick toolbar save dengan gambar disket
b.      isi file name, ketik ; Latihan 1
c.       lalu klick save
Cara menyimpan dokumen dengan membuat folder sama Ms. Word
a.       Klick menu file
b.      pilih save atau klick toolbar save dengan gambar  disket
c.       buat Folder baru caranya :
- Klik tanda panah directory di Save in pilih Drive My Documents
-  Klick  icon Create New Folder
- Lalu muncul Kotak dialog New Folder
- Name di isi (Contoh) : nama-program-semester-kelas--no.absen Contoh; AVEL-Ms EXCEL-GENAP-XI IPS1-28
- Klick OK
d.      isi file name, ketik ; latihan excel 1
e.       lalu Klick Save
f.   Untuk selanjutnya kalau kita ingin menyimpan tinggal  klick file>save>save in>lalu tinggal mencari Folder kita
4.2.2 Cara membuka document dalam Ms. Excel
Membuka Dokumen yang tersimpan dengan Folder tersendiri . Langkah-langkahnya sama dengan Ms Word. Coba lihat lagi pelajaran Ms. Word semester I.
Cara menutup lembar kerja dan  program Ms. Excel
1.      Menutup lembar kerjaUntuk menutup lembar kerja yang sudah selesai disimpan , maka kita dapat menutup lembar kerja dengan cara Klick File > Close atau klick tanda (X) silang pojok kanan atas dibawahnya tanda   silang merah.
2.      Menutup program Ms. Excel
Dan untuk menutup program Microsoft Excel yang sudah tidak digunakan lagi caranya Klick  File > Exit atau klick tanda silang merah pojok kanan atas.

*Semoga bermanfaat

1 comments:


EmoticonEmoticon

Configure Popular